Rabu, 02 Desember 2009

350 RIBU POHON DI TANAM di KABUPATEN TANAH DATAR

Dalam rangka menyukseskan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, Gerakan Permpuan Menanam Indonesia yang telah di mulai semenjak tahun 2007 lalu serta penetapan tanggal 28 November 2008 sebagai hari Menanam Pohon Indonesia dengan tema One Man Tree yang berarti seoran menanam sepohon, untuk Indonesia mencapai 230 Juta pohon khusus Tanah Darat berjumlah 350 ribu pohon.






Menurut Kabid Rehbilitasi Hutan dan Lahan Dinas Perkebunan Tanah Datar Ir. Zuwendra menuturkan, kegiatan menanam pohon di Tanah Datar telah dimulai semenjak bulan Januari 2009 lalu, yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat, dengan jenis pohon yang ditanam Mahoni, Pinang, Glodokan Tiang dan Dodok Roda.

Kegiatan menanam secara swadaya oleh masyarakat tersebut bibit tanaman di berikan gratis oleh Departemen Kehutanan dan telah disebar untuk 14 kecamata yang ada di Tanah Datar, daerah paling banyak melakukan penanaman bibit pohon adalah Kecamatan Rambata sekitar 75 ribu bibit pohon, di ikuti Nagari Rao-Rao di Kecamatan Sungai Tarab.

Untuk tingka Profinsi Sumatara Barat kegiatan menanam pohon dipusatkan di Paninggahan X koto Singkarak Kabupaten Solok yang akan dilakukan pada tanggal 13 Desember 2009, sedangakan untuk Kabupaten Tanah Datar di pusatkan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar Pada tanggal 30 Desember 2009 bersamaan Peringatan HUT KORPRI Dalam kegiatan itu Dharma Wanita akan menanam buah Palo di TK Pertiwi dan sekitarnya, sedangkan untuk lapangan Cindua Mato akan ditanam pohon Matoa sejenis tanaman asal Papua buahnya rasanya enak mirip klengkeng.

Selain itu kini juga telah dilaksankan kerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup bibit pohon akan ditanam pada titik pantau Tim penilai piala Adipura sedangkan puncak Hari Menanam Indonesia untuk Tanah Datar dilaksanakan 4 Desember 2009 di Pagaruyung  tempat akan dilaksanakannya Jambore Pramuka Internasional.


“Kepada seluruh Camat yang ada di Kabupaten Tahan Datar sudah di instruksikan Bupati Tanah Datar untuk melakukan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia di Kecamatan Yang ada di Kabupaten Tanah Datar, masing-masing kecamatan memperoleh 10 ribu batang bibit mahoni dan tanaman serba guna, “kata Ir. Zuwendra

aNdHi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 aNdHi Rao-Rao.