Jumat, 23 Oktober 2009

Menikmati Keindahan Singkarak di Puncak Pass


Tanah Datar--Memandangi keindahan Danau Singkarak di ketinggian sungguh mempesona. Dari Puncak Pass, danau terbesar di Sumatera ini terlihat dikelilingi hamparan sawah dan ladang penduduk serta barisan bukit barisan. Diantara hijaunya sawah, juga terlihat jelas rel kereta api menuju Ombilin melintas panjang.

Puncak Pass atau Puncak Kubang terletak di Jorong Pasir Jaya, Nagari Padang Luar, Tiga Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Berada di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut, kawasan ini baru diaspal 1,5 tahun lalu dan menjadi jalan alternatif dari Batusangkar menuju Ombilin atau sebaliknya.

Sejak dibuka menjadi obyek wisata, kawasan ini menjadi tempat favorit pengendara mobil atau motor yang menempuh jalur itu beristirahat sejenak, bahkan Puncak Pass kini menjadi tempat nongkrong favorit anak muda. Mereka bahkan datang dari sejumlah kota seperti Bukittinggi, Padangpanjang, Solok dan Batusangkar.

Syahrial, salah seorang pedagang makanan dan minuman kecil di Puncak Pass mengatakan, sejak diaspal, kawasan puncak ini selalu menjadi tempat favorit pengendara motor dan mobil beristirahat.
"Setidaknya kalau hari biasa, ada sekitar 20-50 orang yang berwisata kesini, kalau libur, bisa sampai 100-150 orang dan bisa macet karena jalan tidak terlalu lebar," kata Syahrial yang juga warga setempat, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kebanyakan lokasi ini menjadi tempat nongkrong muda-mudi di sore hari. Kebanyakan mereka datang berpasangan dengan motor dan betah nongkrong berjam-jam disana.

Karena itu di lokasi, terpampang peraturan Nagari Padang Luar yang menyatakan kawasan hanya dibuka hingga pukul 20.00 WIB. "Lewat jam itu, maka warga setempat akan menegur, ini dilakukan untuk menghindari terjadinya maksiat," kata Syahrial.

Dibukanya kawasan itu membawa berkah bagi warga sekitar. Syahrial yang membuka lapak minuman sejak setahun lalu bisa mendapat penghasilan Rp80 ribu per hari di hari biasa atau Rp200 ribu saat liburan.
So, ingin melihat keindahan alami Danau Singkarak, datang saja ke Puncak Pas

aNdHi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 aNdHi Rao-Rao.