Selasa, 20 Oktober 2009

Longsor di Padangpanjang, 2 Tewas

PADANG PANJANG-Musibah kembali terjadi di Ranah Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar). Hujan deras yang mengguyur Sumbar sejak beberapa hari terakhir menyebabkan tanah longsor di kawasan Silaing Kariang, dekat Lembah Anai, Kota Padang Panjang, Sabtu (17/10) pukul 21.30 WIB. Tiga mobil terbawa longsoran batu dan tanah hingga masuk ke Sungai. Dua orang dipastikan tewas dan dua luka parah.


Polisi yang menerima laporan dari masyarakat, malam itu juga di tengah hujan langsung terjun ke lokasi bersama dengan tim evakuasi. Korban yang diterjang tanah longsor hingga masuk ke Sungai Batang Anai sedalam 15 meter dari bibir jalan langsung dievakuasi oleh petugas ke Rumah sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Kota Padang Panjang. Petugas juga berhasil menyelamatkan dua korban lainnya yang luka-luka. Korban tewas ditemukan di mobil Toyata Avanza.

Kapolres Kota Padang Panjang, AKBP Wisnu Andayana mengatakan dua korban yang selamat itu adalah penumpang kendaraan Mitshubisi L 300. Keduanya warga Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Selain itu beberapa buah sepeda motor juga disambar longsor dan pengendara mengalami luka-luka ringan.

Longsor daerah Silaing Karaing yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman ini memang sudah diprediksikan banyak orang karena kondisi tanah bukit yang labil sejak gempa 7,9 SR, Rabu (30/10) lalu dan diperkirakan ada sekitar puluhan titik rawan longsor di lokasi tersebut.

Hingga larut malam dibantu sebuah eskavator, jalan penghubung Kota Padangpanjang dan Padang ini masih dibersihkan dan antrean kendaraan bermotor dari Padangpanjang ke Padang atau sebaliknya tak dapat dihindarkan, namun banyak juga diantara kendaraan tersebut yang balik ke Padang atau yang dari Padangpanjang memilih jalan memutar lewat Solok dan Maninjau.

Wartawan Sijori Mandiri, Rahmat Ghafur yang berada di lokasi kejadian mengatakan tanah longsoran yang bercampur bebatuan baru bisa dibersihkan semuanya pada Minggu (18/10) sore. Setelah itu kendaraan dari dari Padang dan Bukitinggi baru bisa melalui jalan tersebut.

sumber:sijorimandiri.net

aNdHi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 aNdHi Rao-Rao.