Selasa, 19 April 2011

Pilih Makanan Yang Lebih Sehat

Banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih saat berbelanja atau menyantapnya. Sudah banyak artikel kesehatan tentang makanan sehat, sehingga Anda pasti sudah bisa memilah mana makanan yang sehat, mana yang tidak. Dari makanan sehat tersebut, mana yang lebih sehat dan bisa Anda pilih. Seperti yang kami ambil dari 5 Minute Health Boosters, inilah dia pilihan bijak yang bisa Anda lakukan.

1. Daging Iris Atau Sosis?

Daging Iris. Satu irisan daging yang dimasak memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada sosis. Tentu saja pilihan daging iris Anda harus bebas dari lemak daging yang biasanya menempel pada daging.

2. Bawa Bekal Makan Siang Atau Beli?

Bekal Dari Rumah. Tentu saja, segala yang Anda persiapkan sendiri selalu lebih baik daripada sesuatu yang tersaji dari tangan orang lain. Selain lebih sehat dan bersih, Anda bisa menghemat dari segi keuangan.

3. Mencicil Makan Porsi Kecil Atau Makan Sekaligus Dalam Porsi Besar?

Mencicil Makan Dalam Porsi Kecil. Lebih baik Anda mencicil makan dalam porsi kecil sepanjang hari dibandingkan langsung menghabiskan satu porsi besar dalam sekali makan. Hal ini agar gula darah Anda tetap stabil.

4. Kopi Atau Teh?

Pilih Teh. Sekalipun kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, teh hitam dan teh hijau lebih menjaga jantung Anda agar tetap sehat, kaya anti-oksidan dan dapat melindungi tubuh Anda dari kanker.

5. Bawang Putih Segar Atau Bubuk?

Bawang Putih Segar. Meskipun kegunaannya sama dalam kesehatan, pilih bawang putih segar yang masih memiliki kandungan air yang baik. Bawang putih yang masih memiliki kadar air dinilai lebih baik menurunkan kadar kolesterol.

6. Strawberry Atau Blueberry?

Blueberry. Keduanya adalah buah yang kaya anti-oksidan dan baik untuk kesehatan. Hanya saja, blueberry memiliki lebih banyak kandungan serat empat kali lebih banyak dibandingkan dengan strawberry, lebih sedikit gula dan lebih banyak mengandung vitamin E.

7. Buah Segar Atau Kering?

Buah Segar. Selalu pilih buah segar yang masih mengandung kadar air yang banyak dan serat alami. Dengan kandungan air yang banyak, buah segar mengandung lebih sedikit kalori dan tetap kaya kandungan serat.

8. Jus Atau Buah Asli?

Buah Asli. Tentu saja buah asli selalu lebih baik daripada yang telah diolah. Selain kandungan seratnya masih utuh, Anda tidak akan tergoda untuk menambahkan gula atau whip cream pada buah segar yang Anda makan bukan?

9. Brokoli Hijau Atau Kembang Kol?

Brokoli Hijau. Keduanya tampak mirip dan hanya berbeda warna. Tidak hanya berbeda warna ternyata brokoli hijau lebih kaya kandungan serat dua kali lipat dibandingkan dengan kembang kol.

10. Apel Segar Atau Pasta Apel Tanpa Gula?

Apel Segar. Sekalipun tanpa gula, pasta apel bebas gula biasanya mengandung apel yang sudah dikupas kulitnya saat proses pembuatan. Apel segar yang Anda makan dengan kulit jauh lebih baik daripada pasta apel bebas gula.

11. Gula Pasir Biasa Atau Gula Pasir Putih?

Tidak Keduanya. Keduanya adalah gula, tidak ada satupun yang lebih baik satu dan yang lain. Sama saja. Bahkan gula palm juga tidak lebih baik dari dua jenis gula ini.

12. Zaitun Hijau Atau Zaitun Hitam?

Zaitun Hijau. Kenapa? Karena zaitun hijau adalah buah zaitun yang dipetik saat masih 1/3 matang. Dengan begitu kandungan lemaknya lebih sedikit dibandingkan zaitun hitam yang telah matang.

13. Daging Sirloin Atau Daging Tulang Rusuk?

Sirloin. Pada 300 gram steak sirloin, terkandung 325 kalori dan 13 gram lemak (6 gram di antaranya adalah lemak jahat). Bandingkan dengan bagian iga dalam berat yang sama mengandung 423 kalori dan 23 gram lemak (12 gram di antaranya adalah lemak jahat).

14. Sup Atau Salad?

Salad. Tentu saja karena sup tidak mengandung zat alami dan serat sebaik salad, apalagi sup sering dimasak dalam waktu yang lama. Hanya saja, pastikan Anda tidak memakai banyak saus salad yang akan menambah jumlah kalori seporsi salad.

15. Saus Salad Botolan Atau Buatan Sendiri?

Saos Buatan Sendiri. Makanan buatan rumah selalu lebih baik daripada buatan pabrik. Dengan memakai saus salad buatan sendiri, maka Anda terbebas dari kolesterol tinggi dan dapat mengontrol berapa banyak garam yang Anda masukkan dalam saus tersebut.

16. Tomat Segar Atau Saus Tomat?

Saus Tomat. Dengan asumsi bahwa saus tomat itu buatan Anda sendiri. Tomat segar mengandung lycopene, bahan yang dapat menurunkan risiko kanker prostat. Hanya saja, bahan tersebut akan aktif pada tomat yang telah dimasak dan memudahkan tubuh untuk menyerap bahan tersebut.

17. Apel Atau Jeruk?

Apel. Pilihan yang sulit, tetapi pilih apel. Penelitian di University of Nottingham membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi 5 buah apel dalam seminggu mengurangi risiko alergi asma dan memperbaiki fungsi paru-paru.

18. Makanan Paket Dari Pesawat Atau Bawa Bekal?

Bawa Bekal. Apapun yang Anda bawa sendiri selalu lebih baik. Jangan terkecoh dengan harga makanan yang lebih mahal di pesawat terbang, bukan berarti lebih sehat. Justru makanan dalam lebih banyak mengandung gula dan garam agar semakin lezat
hhmmm...cukup sekian saja dulu aje ye..moga bisa memberi manfaat walo cuma copy paste doank.... untuk  yang sudah mau baca artikel-artikel aKu terima kasih, yang mau komentar juga terima kasih, yang cuman berkunjung sebentar lalu pergi juga terima kasih, pokoknya semua yang ngunjungi blog aKu terima kasih YAH.

sumber: kapanlagi.com

Salam
aNdHi
 

aNdHi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 aNdHi Rao-Rao.