Selasa, 31 Agustus 2010

Penyebab Uban

Halo... Semua.. Ngak terasa Bulan Ramadhan telah 20 hari... 10 hari lagi kita lebaran. pada kesempatan ini aku mau berbagi cerita mengenai  Rambut yang memutih "UBAN"...


Uban alias si rambut putih acapkali muncul diantara helaian rambut hitam dan selalu diidentikkan dengan usia tua. Padahal seorang berumur 20-an bisa juga ubanan, lho. Tidak ada yang bisa memprediksi munculnya rambut putih ini, tidak juga ahli medis. Setiap manusia punya waktu berbeda kapan tepatnya uban akan terjadi. Rata-rata normal dimulai dari usia 40-an keatas. Namun bukan berarti anda yang berusia dibawah itu tidak normal.



Menurut beberapa ahli, uban terjadi karena beberapa faktor, yakni :
  1. Faktor Genetika (keturunan) Coba lihat orangtua anda, apakah mereka mengalami gejala beruban dini pada masa mudanya? Bila iya, besar kemungkinan hal ini juga akan terjadi pada anda. Dalam ilmu genetika hal ini disebut autosomal dominan
  2. Stress, Stress yang berlebihan bisa mengurangi cadangan vitami B12. Bila vitamin ini terkuras, bisa menyebabkan rambut putih tumbuh lebih cepat. Namun hal ini bersifat sementara, bila tubuh sudah tidak stress, produksi pigmen pun kembali lancar
  3. Zat pengawet dan zat kimia, Makanan yang mengandung zat pengawet, MSG, pewarna, gula sintetis serta beragam kimia lain turut mempengaruhi kesehatan dan keindahan rambut. Juga dengan pemakaian shampo, minyak rambut, cat rambut yang sembarangan akan meresap kedalam pori-pori kulit kepala sehingga mempengaruhi produksi pigmen rambut.
  4. Merokok, Aliran zat serta gizi lewat darah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut akan terhambat sebab darah yang kurang lancar karena nikotin yang terikat dalam darah.
  5. Sakit keras, penggunaan obat-obatan kimia untuk menyebuhkan penyakit, membuat asupan nutrisi bagi kesehatan rambut turut berkurang.
Untuk yang sudah mau baca artikle-artikle aku terima kasih, yang mau komentar juga terima kasih, yang cuma berkunjung sebentar saja lalu pergi juga terima kasih, pokoknya semua yang ngunjugi blog aku terima kasih..

Salam

aNdHi 

    aNdHi

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Copyright @ 2013 aNdHi Rao-Rao.