Jumat, 05 November 2010

Bila Radiator Tubuh ngadat "Dehidrasi Tingkat Tinggi"

tMerasa kepanasan, mata berkungan-kunang dan kepala pusing saat menggenjot sepeda di bawah terik matahari ? buru-buru beristirahatlah di tempat yang rindang. Ngotot melanjutkan perjalanan ke garis finis sama artinya dengan memburu petaka. Soalnya yang anda alami itu adalah tanda-tanda awal srangan hs. Dan jika tidak segera berhenti, bukan tidak mungkin tanda-tanda lanjutan bakal bermunculan.

Mula-mula rasa haus tak tertahankan dating, kemudian diikuti oleh peningkatan suhu badan secara cepat, kelelahan menyerang, jantung berdebar ekstra cepat, muncul halusinasi, marah-marah, dan kemudian kehilangan kesadaran. Gejala-gejala ini biasanya datang hampir berbarengan dan tak selalu berurutan. Yang sama hanyalah gejala terakhirnya: Pingsan tak sadarkan diri. Tak jarang, sebelum pingsan si korban lebih dahulu terserang kram di bagian perut dan paha.

Penyebab semuanya itu, menurut situs University of Marlyland Medical Center, hanya satu: karena terlalu lama terpanggang matahari. Pada kondisi normal, deraan panas itu  akan di netralisir oleh system pendinginan yang ada dalam tubuh. System ini bekerja mirip radiator dalam kendaraan bermotor. Air yang merupakan bagian terbesar dari darah-dialirkan ke seluruh bagian tubuh untuk menyerap panas yang datang dari luar.

Pada saat-saat tertentu, system pendingin itu bisa gagal bekerja. Kegagalan yang paling kerap terjadi akibat kita kurang minum hingga tubuh ke kurangan cairan alias dehidrasi. Kegagalan juga bisa terjadi saat panas yang menyengat melampaui kemampuan system pendingin yang dimiliki tubuh.

Bagi kita yang penting menjaga biar tidak terserang hs dengan cara mengkonsumsi air yang cukup dan belatih secara continue.

Cara berkelit
Kendatipun sangat berbahaya. Ancaman hs tak perlu dijadikan alasan untuk tidak melakukan atifitas luar ruangan disiang hari terik. Hal pertama yang tak boleh di lupakan adalah minum sebanyak mungkin. Air dan minuman sport adalah piliah terbaik. The soda, dan alcohol lebih baik dihindari karena kempat  jenis minuman ini merupakan pemicu dehidrasi.

Pakailah pakaian tipis dan ringan, kendor, dan berwarna terang. Pakaian kendor dan tipis dan ringan memberi jaminan aerasi yang baik ke tubuh. Masuknya udara itu akan membantu penurunan suhu di permukaan. Sedangkan pakaian  berwarna terang berfungsi “Memantulkan” panas dan sinar matahari.

Penggunaan kacamata dan visor yang melindungi wajah dari serangan matahari langsung juga dianjurkan. Krim sunblock bagus dipakai saat panas. Tetapi bahan ini tidak mampu menyelamatkan anda dari ancaman hs karena sunblock hanya menahan masuknya sinar ultraviolet, bukan penangkal panas.

yang tak kalah pentingnya di lakukan adalah latihan secara bertahap. kalau sudah terlalu lama tak bermain di bawah terik matahari jangan langsung menjajal kemampuan. penambahan waktu secara gradual akan lebih baik, sering-seringlah minum agar "Radiator" dalam tubuh tidak kehabisan caadangan air.

Menangani Heat stroke
sepandai-pandai tupai melompat, sesekali jatuh juga, betapapun serius usaha kita menangkal datangnya heat stroke, bukan tak mungkin kita atau teman kita terkena juga. apa yang harus kita lakukan saat salah seorang dari kita terkena heat stroke.
  1. bawa ketempat sujuk teduh atau adem.
  2. baringkan penderita dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala (ini penting untuk menjaga sirkulasi darah ke daerah kepala menjadi lebih lancar dan otak mendapatkan pasokan gizi yang lebih baik)
  3. Jika penderita masih sadar, berikan cairan bergula dan bergaram sebanyak-banyaknya, tapi jangan memberikan pada penderita yang pingsan
  4. Bantu penderita mendinginkan badanya dengan cara membuka sepatu, kaus kaki, kaus tangan  dan bajunya
  5. Kompres penderita dengan air es terutama pada bagian ketiak dan pangkal paha
  6. Setelah sadarkan diri sergera bawa penderita ke rumah sakita atau puskesmas terdekat. agar mendapat pertolongan lebih lanjut
penderita heat stoke umumnya memerulukan infus untuk menstabilkan kondisinya. pastikan penderita mau beristirahat total. banyak mengkonsumsi air putih.

Sekian dulu tips dari saya,semoga memberi manfaat

Salam olahraga dan jangan lupa minum air putih yang cukup ya sobar

aNdHi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 aNdHi Rao-Rao.